Hal yang Mungkin Terjadi Akibat Keluhan Sakit Kepala

Hal yang Mungkin Terjadi Akibat Keluhan Sakit Kepala

Dalam kehidupan kita sehari-hari, sakit kepala merupakan salah satu keluhan kesehatan yang paling sering dialami dan wajar terjadi pada beberapa orang. Keluhan ini ditandai dengan rasa nyeri atau rasa sakit yang tidak nyaman di bagian kepala, bahkan tak jarang juga menjalar ke bagian wajah, mata, gigi, dan leher. Umumnya, rasa nyerinya bisa dirasakan mulai dari sakit kepala ringan hingga cukup berat yang disebabkan oleh aktifnya saraf nyeri di kepala, baik akibat gangguan di kepala maupun bagian tubuh lain. Saraf inilah yang kemudian mengirim sinyal rasa nyeri atau sakit ke otak.

Penyebab sakit kepala

Melansir dari Primaya Hospital, meski sakit kepala merupakan kondisi medis yang berkaitan dengan faktor keturunan, seseorang juga dapat mengalami keluhan sakit kepala akibat faktor dari lingkungan, seperti:

  1. Mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung bahan tertentu, misalnya kafein, cokelat, alkohol, keju, dan makanan fermentasi dalam porsi yang berlebihan.
  2. Paparan alergen atau pemicu alergi, misalnya susu, kacang, atau makanan laut.
  3. Paparan asap rokok atau aroma menyengat dari parfum.
  4. Stres berlebihan.
  5. Sering melewatkan waktu makan.
  6. Kebiasaan begadang.
  7. Paparan cahaya.
  8. Perubahan cuaca.
  9. Penggunaan aksesoris kepala yang terlalu kencang, seperti helm atau inner hijab.

Selain rasa nyeri di bagian kepala yang cukup mengganggu, tak jarang juga orang akan mengalami beberapa keluhan lain seperti:

  • Nafsu makan yang terganggu akibat rasa sakit yang tidak nyaman di bagian kepala.
  • Mood swing.
  • Tidak bergairah untuk beraktivitas.
  • Keinginan untuk tidur meningkat.
  • Malas untuk berbicara atau berinteraksi dengan orang lain, sebab kegiatan ini justru bisa membuat kepala terasa semakin nyeri.
  • Tidak kuat melihat layar atau cahaya yang terlalu terang, sebab mata akan terasa nyeri dan kepala semakin pusing.

 

Cara mengatasi sakit kepala

Nah, untuk mengatasi keluhan sakit kepala yang cukup mengganggu aktivitas Anda sehari-hari, segara lakukan beberapa cara berikut ini.

  1. Menutup mata dan berisitirahat. Ini adalah perawatan sakit kepala yang efektif untuk sakit kepala biasa ataupun migrain, dan dapat membantu meredakan sakit kepala tegang juga. Sebaiknya cari tempat atau ruangan yang sunyi dan gelap, lalu istirahat untuk membuat tubuh dan saraf di kepala menjadi lebih rileks.
  2. Memijat bagian leher, bahu, dan pelipis Anda. Tujuannya adalah untuk meningkatkan aliran darah dan meredakan sakit kepala karena tegang.
  3. Mengompres bagian leher. Caranya adalah dengan meletakkan bantalan pemanas atau kain hangat di sekitar leher dan pangkal tengkorak untuk meredakan sakit kepala . Jika itu tidak membantu, Anda dapat menggunakan kompres es sebagai gantinya. Ulangi proses yang menurut Anda bekerja lebih baik pada keluhan Anda.
  4. Bersantai. Coba tarik napas dalam-dalam dan hembuskan secara perlahan sambil memvisualisasikan gambar yang damai dalam pikiran Anda. Teknik relaksasi ini dapat meredakan sakit kepala yang disebabkan oleh ketegangan otot.
  5. Meminimalisir stres. Jika Anda memiliki sakit kepala yang parah, cobalah untuk menjauh dari stres, secara harfiah. Hindari lingkungan yang bising, tinggalkan pekerjaan sedikit lebih awal jika Anda bisa, atau minta pasangan Anda untuk mengurus pekerjaan rumah tangga untuk sementara waktu.
  6. Memerhatikan asupan makanan. Sebab apa yang Anda masukkan ke dalam tubuh dapat berdampak besar pada sakit kepala, seperti makanan berminyak, makanan mengandung MSG yang berlebihan, dan makanan tinggi gula.
  7. Hindari kebiasaan melewatkan waktu makan, terutama sarapan. Sebab kebiasaan inilah yang dapat memicu sakit kepala akibat kadar gula yang menurun dalam tubuh.
  8. Menghindari konsumsi alkohol dan kebiasaan merokok.

Selain beberapa cara mengatasi sakit kepala di atas, redakan juga rasa nyeri di bagian kepala dengan minum obat pereda sakit kepala yang Anda bawa. Agar lebih efisien, pastikan untuk memilih obat sakit kepala yang dapat diminum sebelum maupun setelah makan dan tidak menyebabkan ngantuk, sehingga Anda dapat kembali beraktivitas dengan lebih nyaman.