Cara Meredakan Batuk Berdahak Secara Alami untuk Orang Dewasa

Cara Meredakan Batuk Berdahak Secara Alami untuk Orang Dewasa

Begitu banyak cara meredakan batuk berdahak secara alami yang bisa dilakukan oleh orang dewasa. Hal ini karena jika dibandingkan dengan anak-anak, orang dewasa memiliki kemampuan yang lebih tinggi dalam menghadapi berbagai prosedur pengobatan saat mereka sakit. Termasuk pengobatan tradisional yang bisa dilakukan untuk mengatasi batuk berdahak dan kering berikut ini.

Cara Meredakan Batuk Berdahak Secara Alami: 

Berkumur Air Garam

Cara alami pertama adalah dengan berkumur menggunakan air hangat yang dicampur dengan ½-1 sendok makan garam. Dilansir dari Sehatq.com, berkumur menggunakan air garam saat batuk melanda dipercaya mampu membantu mengurangi rasa gatal di tenggorokan sekaligus mengurangi gejala iritasi tenggorokan yang memicu batuk. Berikut ini cara menggunakan air garam untuk berkumur.

  • Berkumur sebanyak dua kali sehari, dan saat berkumur pastikan air garam mengenai keseluruhan bagian mulut.
  • Setelah selesai berkumur, segera buang air garam.
  • Jangan dilakukan terlalu sering, karena air garam dapat memicu timbulnya dehidrasi.

Minum Air Hangat

Cara alami selanjutnya adalah dengan rutin minum air hangat saat batuk berdahak maupun batuk kering. Tujuannya adalah untuk mendorong virus dan bakteri yang menempel di saluran pernapasan agar masuk ke saluran pencernaan untuk kemudian dibuang melalui kotoran maupun keringat. Minum air hangat saat batuk melanda juga konon dapat membuat tenggorokan lebih nyaman dan mengurangi iritasi.

Minum Madu 

Saat batuk melanda, istirahat pun menjadi tidak nyaman. Hal inilah yang seringkali membuat Anda terbangun di malam hari. Untuk mengatasinya, Anda bisa minum madu 30 menit sebelum tidur di malam hari. Kandungan antioksidan dalam madu yang cukup tinggi dipercaya mampu melegakan tenggorokan sehingga Anda bisa istirahat dengan nyenyak di malam hari.

Minum Perasan Jeruk Nipis

Minum perasan jeruk nipis juga seringkali dijadikan sebagai cara meredakan batuk berdahak secara alami dari waktu ke waktu. Hal ini karena jeruk nipis mengandung vitamin C yang sangat tinggi dan baik untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh agar bisa melawan virus dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh, salah satunya penyebab batuk. Agar tidak terasa sangat asam, umumnya kebanyakan orang akan mengonsumsinya dengan campuran madu dan air hangat agar lebih nikmat dan lebih banyak manfaat yang didapatkan. 

Minum Air Rebusan Jahe atau Mengunyah Kencur

Kalau sudah berbicara soal cara meredakan batuk berdahak secara alami, pasti minum air rebusan jahe seringkali menjadi solusinya. Yup, selain bisa menghangatkan tenggorokan, minum air rebusan jahe yang ditambah madu juga dipercaya mampu meredakan batuk dan melegakan tenggorokan, lho. Selain jahe, cara alami selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengunyah kencur yang sudah dibersihkan terlebih dahulu. Jika Anda tidak bisa mengunyahnya langsung, cara lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan menghaluskannya dengan parut, kemudian diperas dan diminum air perasan kencurnya untuk melegakan tenggorokan saat batuk.

Minum Obat Herbal Batuk Berdahak 

Cara meredakan batuk berdahak secara alami dan praktis selanjutnya adalah dengan merasakan manfaat bahan alami seperti jahe, kencur, madu, dan jeruk nipis sekaligus melalui bodrex Herbal Batuk. Hadir dalam kemasan sachet 15 ml, bodrex Herbal Batuk bisa mejadi pilihan praktis dan ekonomis sebagai persediaan obat-obatan baik di rumah maupun saat beraktivitas. Dengan begini, Anda tak perlu repot lagi untuk meracik obat tradisional sendiri, bukan?