Cara Menyembuhkan Batuk Berdahak dan Kering Setelah Sembuh dari COVID 19

Cara Menyembuhkan Batuk Berdahak dan Kering Setelah Sembuh dari COVID 19

Meski sudah dinyatakan sembuh dari paparan virus COVID-19, namun tak jarang orang yang masih harus merasakan gejala long covid. Kondisi inilah yang membuat mereka masih harus merasakan beberapa masalah kesehatan seperti gangguan indera penciuman, mudah lelah, hingga batuk yang tak kunjung sembuh. Jika Anda termasuk salah satu yang masih mengalaminya, maka tak perlu panik. Beberapa cara menyembuhkan batuk berdahak dan kering setelah sembuh dari COVID-19 berikut ini bisa menjadi solusinya.

Perbanyak Minum Air Hangat

Cara menyembuhkan batuk berdahak paling mudah yang bisa Anda lakukan adalah dengan memperbanyak minum air hangat. Hal ini dilakukan agar sisa virus dan bakteri yang menempel di saluran pernapasan dapat terdorong ke saluran pencernaan untuk kemudian dikeluarkan melalui kotoran dan keringat. Memilih untuk minum air hangat dibanding air dingin juga bisa melegakan tenggorokan, sehingga batuk berdahak bisa cepat reda.

Menerapkan Pola Hidup Sehat

Langkah selanjutnya setelah sembuh dari COVID-19 adalah dengan menerapkan pola hidup sehat agar batuk berdahak maupun kering cepat reda dan juga meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak kembali terinfeksi virus lainnya. Beberapa pola hidup sehat yang bisa Anda lakukan antara lain:

  • Tetap menggunakan masker. Pastikan untuk menggunakan masker medis dan melapisinya lagi dengan masker kain di bagian luarnya sebagai perlindungan ganda. Apalagi jika Anda masih harus beraktivitas di luar rumah dan banyak menggunakan transportasi umum.
  • Menjauhi kerumunan dan menjaga jarak.
  • Rajin mencuci tangan menggunakan sabun dan dibilas menggunakan air bersih. Jika sulit mendapatkan akses untuk mencuci menggunakan sabun dan air, maka sediakan selalu tisu basah atau hand sanitizer dalam tas Anda, ya.
  • Makan makanan bernutrisi dan menghindari jajan sembarangan.

Mengurangi Makanan Berlemak, Berminyak, dan Pedas

Dilansir dari Kompas.com, makanan berminyak dan berlemak bisa membuat batuk menjadi makin parah. Misalnya saja jika Anda sangat menyukai gorengan. Tahukah Anda akibat penggunaan minyak goreng yang berulang dapat menyebabkan pembentukan akrolein yang memicu peradangan di tenggorokan dan menimbulkan rasa gatal yang menyiksa, lho. Selain itu, tekstur gorengan yang kering dan kasar juga bisa mengiritasi dinding tenggorokan, kandungan lemak dan minyak yang berlebihan juga lebih sulit untuk dicerna oleh tubuh. Hal inilah yang mungkin menekan proses kekebalan tubuh dan dapat memperburuk peradangan tenggorokan.

Minum Obat Herbal Batuk

Jika batuk sudah sangat mengganggu, cara menyembuhkan batuk berdahak dan kering yang bisa Anda lakukan segera adalah dengan minum obat batuk. Tak sembarangan obat batuk, Anda bisa memilih obat batuk herbal dengan kandungan bahan alami yang ampuh meredakan batuk, melegakan tenggorokan, dan mengencerkan dahak seperti bodrex Herbal Batuk. Kandungan jahe, kencur, jeruk nipis, thymi, akar manis, madu, daun sirih, dan beberapa bahan alami lain di dalamnya sudah teruji klinis dan ampuh untuk meredakan batuk.

bodrex flu dan batuk PE

Hadir dalam kemasan sachet 15 ml, bodrex Herbal Batuk sangat cocok untuk dijadikan persediaan obat batuk berdahak maupun kering saat berada di rumah maupun saat beraktivitas. Praktis banget!