Cara Mengonsumsi Ramuan Herbal untuk Batuk Berdahak Saat WFH

Cara Mengonsumsi Ramuan Herbal untuk Batuk Berdahak Saat WFH

Hidup dan tinggal di negara yang kaya akan hasil bumi seperti rempah-rempah, kita sudah sepatutnya merasa bangga. Pasalnya, tak hanya dapat dimanfaatkan sebagai bumbu dapur yang bisa didapatkan dengan mudah dan murah, kita juga bisa menggunakannya untuk keperluan kesehatan, salah satunya adalah dijadikan sebagai ramuan herbal untuk batuk berdahak. Kira-kira apa saja, ya?

Ramuan Herbal untuk Batuk Berdahak:

Membuat Wedang Jahe

Selain banyak dimanfaatkan sebagai bumbu dapur, jahe juga sudah dipercaya secara turun-temurun menjadi obat batuk herbal alami untuk anak dan orang dewasa. Hal ini karena jahe bersifat anti-inflamasi untuk meredakan batuk, nyeri, dan melemaskan membrane di saluran udara sehingga bisa mengurangi dahak dan melegakan tenggorokan. Berkat kandungan minyak esensial, antioksidan, gingerol, zingerone, dan shogaol di dalamnya.

Untuk dapat menikmatinya, Anda bisa membuat minuman yang terbuat dari air rebusan jahe yang dicampur gula merah atau madu dengan cara berikut ini.

  • Bersihkan jahe, kemudian geprek hingga pipih.
  • Panaskan air matang menggunakan panci, lalu masukkan jahe ke dalamnya. Diamkan hingga mendidih.
  • Setelah mendidih, saring air rebusan jahe dan tunggu hingga hangat.
  • Tambahkan gula merah atau madu secukupnya untuk membuat rasa air jahe ini menjadi manis dan juga menghangatkan tenggorokan.
  • Minum wedang jahe ini secara rutin hingga batuk mereda.

Tak hanya ampuh meredakan batuk, mengonsumsi wedang jahe juga sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh, terutama saat cuaca sedang tidak menentu di masa pandemi seperti saat ini.

Air Perasan Kencur

Sama halnya seperti jahe, kencur juga memiliki kandungan nutrisi baik seperti vitamin C, vitamin B kompleks, betakaroten, dan kalsium. Dilansir dari Halodoc.dom, kencur juga mengandung senyawa aromatic, monoterpene, dan seskuiterpen untuk membantu penyembuhan penyakit, salah satunya batuk berdahak.

Beberapa cara mengonsumsinya antara lain dengan mengunyahnya secara langsung dua kali sehari atau dengan memanfaatkannya sebagai salah satu bahan ramuan herbal untuk batuk berdahak dengan cara:

  • Menghaluskan kencur menggunakan parut, lalu diperas dan diminum air perasan kencurnya secara langsung
  • Mencampurnya dengan jahe untuk kemudian ditumbuk dan diperas sarinya, setelah itu menambahkan madu agar rasanya lebih manis.

Daun Thymi

Tak hanya digunakan sebagai penyedap pada beberapa menu masakan, thymi juga merupakan rempah yang bisa dimanfaatkan sebagai obat batuk karena kandungan minyak atsiri di dalamnya. Selain itu, sifatnya yang antibakteri dan antijamur juga sangat baik dipilih untuk meredakan sakit tenggorokan dan sekaligus bahan ramuan herbal batuk kering dan berdahak.

Perasan Jeruk Nipis

Jeruk nipis yang mengandung antioksidan dan vitamin C yang membantu meningkatkan daya tahan tubuh agar bisa melawan virus dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Umumnya, jeruk nipis dikonsumsi saat batuk dengan tambahan madu, dicampurkan ke dalam teh, atau dengan menyeduhnya dengan air hangat untuk membuat tenggorokan menjadi lebih nyaman.

Minum Madu Sebelum Tidur

Ramuan herbal untuk batuk berdahak selanjutnya yang bisa Anda konsumsi adalah madu. Mengonsumsi madu di malam hari sebelum tidur konon bisa membantu meredakan batuk dan membuat tidur menjadi lebih nyaman. Hal ini dikarenakan tingginya kandungan antioksidan dalam madu sebagai perlawanan terhadap beberapa penyakit, seperti batuk sebagai salah satu gejala flu yang Anda alami.

Tak perlu repot membuat ramuan herbal untuk batuk berdahak sendiri saat WFH, saat ini Anda juga bisa mengonsumsi dan mendapatkan khasiat dari bahan alami di atas dengan cara minum bodrex Herbal Batuk yang hadir dalam kemasan sachet. Kandungan bahan alami seperti jahe, kencur, jeruk nipis, thymi, akar manis, madu, daun sirih, dan beberapa bahan alami lain di dalamnya memberikan rasa nyaman di tenggorokan dan bisa dijadikan pilihan yang cocok untuk meredakan batuk kering dan berdahak.

bodrex flu dan batuk PE

Agar proses penyembuhan batuk Anda berjalan dengan cepat, pastikan untuk segera minum bodrex Herbal Batuk tiga kali sehari (masing-masing satu sachet) setiap harinya.