Cara Mengobati Demam dan Sakit Kepala Tanpa Membatalkan Puasa

Cara Mengobati Demam dan Sakit Kepala Tanpa Membatalkan Puasa

Demam dan sakit kepala adalah dua keluhan yang paling sering dialami oleh orang dewasa. Biasanya, dua keluhan ini terjadi akibat aktivitas sehari-hari yang berlebihan seperti kelelahan bekerja, stress, hingga kekurangan asupan nutrisi dan cairan saat berpuasa. Dalam keadaan demam, suhu tubuh akan meningkat dan membuat badan menjadi lemas. Sedangkan sakit kepala membuat Anda menjadi tidak bisa berpikir dan berkonsentrasi saat mengerjakan sesuatu. Lantas, bagaimana cara mengobati demam dan sakit kepala tanpa membatalkan puasa dan tidak mengganggu produktivitas Anda sehari-hari?

Cara mengobati demam dan sakit kepala saat berpuasa

Meski tergolong sebagai penyakit yang ringan, namun demam dan sakit kepala bisa memicu gangguan kesehatan lainnya jika tidak segera ditangani dengan cepat. Berhubung Anda sedang berpuasa dan tidak memungkinkan untuk minum obat yang bisa membatalkan puasa, simak beberapa cara mengobati demam dan sakit kepala yang bisa Anda lakukan berikut ini.

1. Mengompres menggunakan air hangat

Saat suhu tubuh meningkat, Anda bisa mengompres bagian tubuh seperti dahi, lipatan ketiak, dan lipatan paha menggunakan kain yang sudah dibasahi menggunakan air hangat. Lakukan beberapa kali hingga suhu tubuh menurun, ya!

2. Mengatur sirkulasi udara di rumah

Saat demam melanda, pastikan sirkulasi udara di kamar berjalan dengan baik. Anda bisa mengatur suhu ruangan tidak terlalu dingin, membuka jendela, atau memasang humidifier agar kelembapan ruangan terjaga. Dengan begini, Anda bisa menikmati kualitas udara yang baik, sehingga proses penyembuhannya bisa berjalan lebih cepat.

3. Menggunakan pakaian yang nyaman

Suhu tubuh meningkat bukan berarti mengharuskan Anda untuk menggunakan pakaian dan selimut tebal untuk membuat tubuh berkeringat. Sebaliknya, pilihlah pakaian yang nyaman, tidak terlalu tebal, dan mudah menyerap keringat. Dengan begini, panas tubuh tidak terjebak dan bisa keluar dengan lancar melalui pori-pori tubuh (keringat).

4. Memberikan pijatan ringan di kepala

Sedangkan untuk mengatasi sakit kepala tanpa membatalkan puasa adalah dengan memberikan pijatan ringan di bagian pelipis dan tengkuk. Meski tidak langsung menghilangkan rasa nyeri di kepala, namun cara yang satu ini bisa membuat Anda merasa lebih baik lagi.

5. Istirahat sejenak

Demam dan sakit kepala bisa terjadi karena kurangnya waktu istirahat bagi tubuh. Oleh karena itu, sebaiknya istirahatkan tubuh Anda untuk beberapa saat dengan cara tidur di dalam ruangan dengan cahaya yang temaram. Jika kebetulan sedang berada di kantor atau tempat kerja, Anda bisa meminta izin pada atasan untuk istirahat beberapa menit untuk power nap. Cara yang satu ini terbukti mampu membuat badan kembali segar dan bisa mengurangi sakit kepala.

6. Minum obat saat sahur atau berbuka puasa

Cara mengobati demam dan sakit kepala selanjutnya adalah dengan langsung minum obat sakit kepala yang mengandung Paracetamol untuk meredakan sakit kepala yang dialami saat berbuka puasa. Namun, jika keluhan sakit kepala masih tetap terasa, Anda bisa kembali mengonsumsi obatnya saat sahur nanti. Oleh karena itu, pastikan untuk memilih obat sakit kepala yang tidak menimbulkan kantuk, sehingga Anda bisa beraktivitas dengan lebih nyaman di pagi harinya.