Cara Mengobati Batuk Berdahak dan Tidak Berdahak Saat Liburan di Negara Orang

Cara Mengobati Batuk Berdahak dan Tidak Berdahak Saat Liburan di Negara Orang

Mengalami batuk saat menikmati liburan di negara orang? Pastinya sangat menyebalkan, ya? Well, jatuh sakit saat liburan memang menjadi hal yang tidak terduga. Biasanya hal ini terjadi akibat banyak hal, mulai dari daya tahan tubuh yang menurun akibat kelelahan berkeliling ke berbagai tempat wisata, pola makan yang tidak teratur, perbedaan cuaca, hingga tertular dari penderita lainnya. Jika hal ini terjadi, sebaiknya lakukan beberapa cara mengobati batuk berdahak maupun tidak berdahak yang Anda alami saat berada di luar negeri.

1. Cukupi kebutuhan air mineral

Bila memungkinkan, minumlah air hangat untuk membuat tenggorokan terasa nyaman. Selain mencegah dehidrasi, mengonsumsi air mineral juga dipercaya mampu mendorong virus dan bakteri penyebab batuk berdahak yang menempel di tenggorokan sebelum akhirnya dikeluarkan melalui keringat dan kotoran.

2. Istirahat cukup

Alih-alih tetap memaksakan diri untuk mengunjungi berbagai tempat wisata yang sudah diidamkan, sebaiknya tunda dulu beberapa rencana Anda dan gunakan waktu untuk beristirahat agar kondisi tubuh kembali fit.

3. Perhatikan pola makan

Jangan lewatkan jam makan dan sebaiknya konsumsi makanan bernutrisi untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Hindari makanan yang berpotensi memperparah batuk berdahak yang Anda alami, seperti junkfood, makanan berlemak dan berminyak, makanan dengan pemanis buatan, dan juga minuman dingin. Bila memungkinkan, Anda bisa memasak menu makanan yang cocok di perut saat berada di penginapan. Pastikan Anda tetap makan teratur tiga kali sehari dan selingi dengan snack yang sehat seperti buah untuk menunda rasa lapar.

4. Minum obat

Saat harus mengejar jadwal kereta yang tidak mungkin ditunda untuk berpindah ke destinasi selanjutnya, maka cara mengobati batuk berdahak maupun tidak berdahak yang Anda alami saat liburan adalah dengan minum obat batuk yang tidak menimbulkan ngantuk dan mengandung beberapa bahan berikut ini.

  • Guaifenesin berfungsi untuk mengencerkan dan mengeluarkan dahak
  • Dextromethorphan HBr bekerja menekan titik pusat batuk di otak sehingga membantu meredakan batuk
  • Bromhexine HCl berfungsi untuk mengencerkan dan mengeluarkan dahak

Kandungan inilah yang bisa membantu mengatasi baik batuk berdahak maupun batuk tidak berdahak yang Anda alami. Agar tidak kebingungan saat harus minum obat ketika berada di negeri orang, sebaiknya selalu bawa obat batuk yang sering Anda konsumsi di rumah. Tak hanya sudah cocok diminum, Anda juga bisa merasakan manfaatnya dengan cepat, sehingga proses penyembuhannya bisa lebih cepat, deh.