Cara Mencegah Serta Menyembuhkan Flu dan Batuk di Musim Hujan

Cara Mencegah Serta Menyembuhkan Flu dan Batuk di Musim Hujan

Musim hujan dan cuaca dingin identik dengan penyakit flu dan batuk. Meskipun memang, flu dan batuk muncul karena penularan virus, namun nyatanya beberapa kondisi pada musim hujan memang dapat menyebabkan daya tahan tubuh menurun sehingga lebih mudah tertular virus penyakit. Lantas, bagaimana cara mencegah serta menyembuhkan flu dan batuk di musim hujan? Simak tips berikut!

Hindari kehujanan

Pastikan Anda tidak meninggalkan jas hujan atau payung. Bawa selalu keduanya untuk persiapan menghadapi musim hujan. Sebeb kondisi basah dan kedinginan akan membuat daya tahan tubuh lebih mudah menurun. Ketika itu kondisi tubuh Anda sangat rentan tertular virus penyakit, termasuk virus flu.

Hangatkan bagian leher

Bukan hanya tubuh secara keseluruhan, hangatkan secara khusus bagian leher dengan syal atau pakaian berkerah tinggi. Bagian leher yang kedinginan lebih mudah mengalami batuk karena alergi. Jika Anda sedang mengalami flu, batuk alergi akan memperburuk keadaan Anda.

Konsumsi makanan hangat

Jangan memperburuk keadaan dengan mengonsumsi makanan dan minumam dingin di tenga musim hujan. Sebaliknya, buat diri Anda nyaman dengan mengonsumsi makanan hangat seperti sup atau soto dan minumlah air hangat untuk menjaga suhu tubuh tetap hangat dan nyaman. Dengan demikian tubuh Anda akan berada dalam kondisi prima.

Bersihkan tubuh dengan benar

Setiap selesai berkegiatan, khususnya jika kegiatan tersebut melibatkan interaksi dengan banyak orang, cucilah tangan Anda dengan sabun sampai bersih. Selain itu, jika baru pulang dari bepergian, biasakan mandi. Menjaga kebresihan lewat mancuci tangan dan mandi adalah salah satu cara mencegah penularan virus penyakit yang paling efektif.

‘Mandi’ sinar matahari

Meski cuaca lebih sering mendung di musim hujan, namun jika kebetulan sinar matahari cukup cerah berjemurlah walau hanya sebentar. ‘Mandi’ sinar matahari secara teratur selama 15 menit setiap harinya akan mencukupi kebutuhan tubuh terhadap Vitamin D yang bukan hanya baik untuk tulang namun juga meningkatkan kekebalan tubuh Anda.

Jaga terus kondisi tubuh agar terhindar dari flu dan batuk di musim hujan. Jika sampai terserang flu, tangani dengan mengonsumsi bodrex Flu dan Batuk. Yang tersedia dalam dua varian. Jika

 flu disertai batuk berdahak, Anda bisa mengonsumsi obat yang mengandung kombinasi paracetamol, phenylephrine, guaifenesin dan bromhexine, bekerja sebagai analgesik-antipiretik (pereda nyeri dan penurun panas), dekongestan (pelega hidung),  mukolitik (pengencer dahak), dan ekspektoran (pengeluaran dahak). Efektif mengeluarkan dahak dan mengatasi rasa gatal di tenggorokan.

Sedangkan jika Anda menderita flu disertai batuk tidak berdahak, pilih obat dengan formula paracetamol, phenylephrine, dextromethorphan, bekerja sinergis untuk meredakan gejala Flu seperti demam, hidung tersumbat dan bersin-bersin sekaligus mengatasi batuk tidak berdahak, kering dan terasa serak di tenggorokan.