Benarkah dengan Minum Kopi Bisa Mengobati Sakit Kepala Sebelah?

Benarkah dengan Minum Kopi Bisa Mengobati Sakit Kepala Sebelah?

Ada anjuran untuk menghindari kafein jika mengalami sakit kepala. Namun apakah anjuran itu benar atau hanya mitos belaka? Sebab di sisi lain, beberapa penelitian justru menyebutkan sebaliknya. Benarkah minum kopi bisa mengobati sakit kepala sebelah? Berikut adalah penjelasannya!

Apa yang Terjadi Ketika Kita Migrain
Sakit kepala yang cukup sering dikeluhkan adalah sakit kepala sebelah atau migrain. Pasalnya migrain adalah jenis sakit kepala yang cukup mengganggu dan memiliki tingkat keparahan yang beragam, mulai dari yang ringan hingga sangat intens dan berlangsung sampai beberapa hari.

Dilansir dari Klik Dokter, saat migrain terjadi, tubuh manusia melepaskan senyawa kimia bernama adenosine. Pelepasan ini mengakibatkan berbagai perubahan pada fungsi tubuh, seperti muncul hambatan kerja otak, pembuluh darah yang melebar sementara, serta gangguan sistem otak yang mengatur tidur dan pergerakan tubuh. Akibatnya, penderita akan merasa sakit kepala dan sulit berkonsentrasi. 

Kafein Ampuh untuk Migrain

kafein-ampuh-untuk-migrain

Ternyata untuk gejala migrain, kafein bisa menjadi salah satu solusinya! Kafein terbukti mampu menghambat kerja adenosine dengan cara mengecilkan pembuluh darah, jadi sakit kepala perlahan akan mereda. Meskipun masih membutuhkan kajian lebih lanjut untuk membuktikan pengaruh kafein terhadap jenis sakit kepala lainnya, namun khusus untuk migrain dan gejala sakit kepala hypnic yang mirip dengan migrain, kafein bisa menjadi alternatif solusi.

Selain dari jenis sakit kepalanya, cara Anda mengonsumsi kafein juga perlu diperhatikan. Tentunya konsumsilah kafein dalam batas aman. European Food Safety Authority menyatakan, batas aman konsumsi kafein bagi orang dewasa sehat adalah 400 mg per hari, setara dengan empat cangkir kopi. Jumlah ini dihitung untuk orang dewasa dengan berat badan rata-rata normal. Jika berat badan Anda tergolong rendah, atau memiliki kondisi khusus seperti kehamilan, masalah jantung, atau kondisi medis lainnya maka batas amannya pun dapat menjadi lebih kecil.

Meski demikian, bila Anda tidak ada masalah dengan kafein, cara ini layak dicoba untuk meredakan migrain. Namun bila sakit kepala sebelah tak kunjung reda, segera konsumsi obat untuk mengatasi sakit yang Anda rasakan dan konsultasikan dengan dokter bila perlu.

sakit-kepala-sebelah-bodrex-migra

 

Sumber: Klik Dokter