Benarkah Minum Air Hangat dapat Membantu Meringankan Gejala Flu dan Batuk?

Benarkah Minum Air Hangat dapat Membantu Meringankan Gejala Flu dan Batuk?

Tak hanya terjadi pada anak-anak, keluhan flu dan batuk juga seringkali dialami oleh orang dewasa saat musim pancaroba. Perubahan cuaca inilah yang menuntut tubuh kita untuk mampu beradaptasi dengan cepat. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Yale University menunjukkan bahwa di musim pancaroba ini suhu udara mengalami penurunan yang akhirnya menjadi kondisi yang sangat sempurna bagi virus dan bakteri untuk berkembang biak, terutama flu dan batuk.

Saat udara menjadi dingin, sel tubuh yang semula berfungsi sebagai pendeteksi virus membeku, sehingga tidak bisa bekerja secara maksimal dalam memerangi virus dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Hal inilah yang membuat kita jadi lebih mudah terserang flu dan batuk. Belum lagi penularannya lewat udara yang sangat cepat.

Hal yang sama juga berlaku saat musim penghujan yang lembap berubah ke musim kemarau di mana suhu semakin hangat dan membuat orang tertarik untuk beraktivitas di luar. Perubahan suhu yang drastis ini juga bisa memicu penyempitan pembuluh darah yang akhirnya menyebabkan sakit kepala yang juga merupakan gejala awal dari flu.

Saat flu dan batuk, kita akan cenderung mengalami sakit tenggorokan akibat infeksi virus dan bakteri serta kebiasaan batuk dengan kencang. Kondisi inilah yang membuat kita merasa kesulitan untuk menelan. Agar keluhannya tidak semakin parah, rutin minum air hangat bisa menjadi salah satu solusinya.

Manfaat minum air hangat untuk meringankan flu dan batuk

Bisa dibilang bahwa selain beristirahat, minum air hangat secara rutin merupakan cara mengatasi flu dan batuk pada yang paling sederhana dan efektif. Hal ini karena air hangat dapat memberikan berbagai manfaat seperti:

  1. Memicu produksi air liur lebih banyak yang mampu membantu melubrikasi tenggorokan, sehingga tenggorokan terasa lebih nyaman saat flu dan batuk.
  2. Membuat virus dan bakteri yang menempel di tenggorokan terdorong ke dalam sistem pencernaan yang kemudian akan dikeluarkan melalui air seni.
  3. Minum air mineral hangat juga membantu mengencerkan mukus sinus atau lendir, sehingga bisa meredakan rasa sesak yang timbul saat batuk.

Pada umumnya, selain air mineral hangat, kita juga bisa minum beberapa jenis air hangat lainnya saat gejala flu dan batuk melanda, diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Air hangat yang dicampurkan dengan lemon dan madu. Lemon memiliki kandungan vitamin C yang sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh, sedangkan madu ampuh untuk melegakan tenggorokan.
  2. Air kaldu hangat untuk menghidrasi tubuh sekaligus memenuhi asupan nutrisi pada tubuh.
  3. Teh hangat untuk membantu tubuh menjadi lebih rileks saat flu dan batuk, sehingga kita bisa istirahat lebih nyaman dan tenang, terutama di malam hari.

Selain minum air hangat, mandi dengan menggunakan air hangat juga bisa menjadi salah satu cara meringankan gejala flu dan batuk yang bisa Anda lakukan di rumah. Hal ini karena mandi air hangat dapat memberikan beberapa manfaat seperti:

  1. Membuat tubuh menjadi lebih rileks dan nyaman, sehingga kita bisa istirahat dengan lebih nyaman di malam hari. Saat kita mendapatkan istirahat yang cukup, maka daya tahan tubuh akan meningkat, sehingga proses pemulihan dapat berjalan dengan lebih cepat.
  2. Udara lembap dari uap air yang keluar bisa mencairkan lendir yang tersumbat di dalam hidung saat flu dan batuk, sehingga bisa dikeluarkan dengan lebih mudah.
  3. Membantu meredakan sakit kepala yang muncul saat mengalami flu dan batuk.
  4. Meredakan rasa nyeri badan yang seringkali muncul sebagai gejala penyerta saat flu dan batuk melanda.

Namun, jika flu dan batuk cukup mengganggu dan membuat tidur menjadi tidak nyaman, segera redakan gejala flu dan batuk dengan minum obat yang sesuai dengan jenis keluhan yang dialami dengan bantuan air hangat saat mengonsumsinya. Hal ini dilakukan agar kandungan obat yang diminum dapat bekerja dengan lebih efektif, sehingga keluhannya cepat mereda dan proses pemulihanya berjalan lebih cepat.