Batuk Berdahak dan Tidak Berdahak Bikin Olahraga Terhambat? Intip Cara Mengatasinya Berikut Ini

Batuk Berdahak dan Tidak Berdahak Bikin Olahraga Terhambat? Intip Cara Mengatasinya Berikut Ini

Sebagai seorang yang peduli terhadap kesehatan, melakukan olahraga secara rutin tentu menjadi sebuah keharusan dalam kehidupan sehari-hari. Namun, terkadang keluhan seperti batuk berdahak dan batuk tidak berdahak bisa menjadi penghambat kenyamanan dalam berolahraga. Tak hanya membuat badan mudah lelah, kondisi ini juga rentan membuat Anda mengalami kesulitan bernapas (sesak napas) saat melakukan aktivitas fisik. Namun tak perlu khawatir, berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meredakan batuk agar rutinitas berolahraga Anda dapat berlangsung lebih nyaman dan menyenangkan.

 

Penyebab batuk berdahak

Sebelum mengetahui bagaimana cara mengatasi batuk berdahak dan batuk tidak berdahak yang mengganggu, hal yang perlu Anda ketahui adalah adanya perbedaan penyebab dari kedua jenis batuk ini. Dilansir dari Hellosehat.com, batuk berdahak disebut batuk basah karena menghasilkan dahak atau lendir dari paru-paru atau sinus karena infeksi virus atau bakteri. Kondisi ini membuat batuk terdengar berat dan umumnya disertai suara mengi (napas berbunyi) serta rasa sesak di dada.

                                        

Situs Harvard Medical School menyebutkan bahwa ada berbagai penyebab batuk berdahak, dari yang ringan hingga butuh penanganan serius, sehingga bisa sembuh dengan pengobatan tertentu. Namun, batuk berdahak juga bisa menjadi salah satu gejala penyakit kronis yang sulit disembuhkan seperti bronchitis, pneumonia, bronkiektasis, asma, postnasal drip, dan penyakit paru-paru obstruktif kronis (PPOK).

Batuk tidak berdahak

Dilansir dari Halodoc.com, batuk tidak berdahak merupakan reaksi dari rasa gatal yang muncul di tenggorokan karena beberapa kondisi, seperti:

  • Infeksi virus atau bakteri
  • Asam lambung
  • Asma atau alergi yang biasanya diikuti gejala lain seperti gatal, bersin, dan pilek.

Kondisi ini dinamakan batuk tidak berdahak karena tidak menyebabkan tubuh menghasilkan dahak atau lendir, sehingga seringkali menyebabkan terjadi iritasi pada saluran pernapasan. Oleh karena itu, rutin minum air hangat sangat disarankan saat mengalaminya.

Bagaimana cara mengatasi batuk berdahak dan batuk tidak berdahak?

Meski batuk bisa terjadi akibat adanya infeksi virus atau bakteri, namun baik batuk tidak berdahak maupun berdahak tentu bisa menjadi sama-sama membahayakan jika tidak ditangani dengan segera. Jika kebetulan Anda mengalaminya, simak beberapa cara mengatasinya berikut ini.

1.Minum air mineral hangat secara rutin

Cara meredakan batuk berdahak dan batuk tidak berdahak paling mudah adalah dengan memperbanyak minum air hangat. Tujuannya adalah agar sisa virus dan bakteri yang menempel di saluran pernapasan dapat terdorong ke saluran pencernaan untuk kemudian dikeluarkan melalui kotoran dan keringat. Memilih untuk minum air hangat dibanding air dingin juga bisa melegakan tenggorokan, sehingga batuk berdahak bisa cepat reda sekaligus mencegah terjadinya iritasi atau luka pada tenggorokan saat mengalami batuk tidak berdahak.

2. Menerapkan pola hidup sehat

Langkah selanjutnya adalah dengan menerapkan pola hidup sehat agar batuk berdahak maupun tidak berdahak cepat reda dan juga meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak kembali terinfeksi virus lainnya. Beberapa pola hidup sehat yang bisa Anda lakukan antara lain sebagai berikut.

  • Mengonsumsi makanan bernutrisi.
  • Mengurangi makanan berlemak, berminyak, dan pedas yang bisa memicu peradangan di tenggorokan dan menimbulkan rasa gatal saat batuk yang mengganggu.

 

3. Mengurangi intensitas olahraga

Saat batuk melanda, sebaiknya manfaatkan waktu dengan beristirahat dan mengurangi intensitas olahraga Anda. Anda bisa mengganti jenis olahraganya menjadi lebih ringan, dan mengurangi waktu berolahraga. Dengan begini, kemampuan tubuh dalam meningkatkan kekebalan tubuhnya menjadi lebih baik lagi, sehingga proses penyembuhan dapat berjalan dengan lebih cepat.

 

4. Minum obat pereda batuk

Jika batuk berdahak maupun batuk tidak berdahak sudah sangat mengganggu, tak hanya aktivitas olahraga tetapi rutinitas harian terutama saat istirahat di malam hari, Anda bisa mengatasinya dengan cara minum obat batuk yang. Agar lebih praktis, sebaiknya pilih obat batuk yang dengan kandungan beberapa bahan berikut ini.

  • Guaifenesin berfungsi untuk mengencerkan dan mengeluarkan dahak
  • Dextromethorphan HBr bekerja menekan titik pusat batuk di otak sehingga membantu meredakan batuk
  • Bromhexine HCl berfungsi untuk mengencerkan dan mengeluarkan dahak

Kandungan inilah yang bisa membantu mengatasi baik batuk berdahak maupu batuk tidak berdahak yang Anda alami. Jika Anda merasa bingung mengenai gejala batuk yang dialami, sebaiknya pilih obat yang dapat mengatasi berbagai jenis batuk, baik batuk berdahak maupun tidak berdahak. Pastikan perhatikan dosis dan cara pakai yang bisa Anda temukan pada kemasan untuk membantu meredakan batuk yang Anda alami dengan lebih cepat, sehingga Anda bisa kembali berolahraga seperti semula.

bodrex batuk double action