Bagaimana Memilih Obat Sakit Kepala yang Efektif?

Bagaimana Memilih Obat Sakit Kepala yang Efektif?

Banyak obat sakit kepala beredar di pasaran tidak berarti memudahkan Anda dalam mengobati keluhan. Pasalnya Anda justru bingung harus memilih obat yang mana. Belum lagi mencoba obat ini dan itu tak menjamin dapat menghilangkan sakit kepala dengan cepat. Lantas, bagaimana cara memilih obat sakit kepala yang efektif? Simak 5 tips di bawah ini!

  • Cek Riwayat Alergi
    Pertama-tama, pastikan apakah Anda memiliki riwayat alergi pada salah satu komponen penyusun obat? Jika ya, perhatikan komposisi obat yang akan Anda beli. Meski membeli obat bebas yang tidak harus ditebus dengan resep, Anda tetap harus memperhatikan komposisinya. Jika obat tersebut mengandung zat tertentu yang bisa memicu alergi Anda, sebaiknya hindari. Kemudian mintalah saran pada apoteker agar direkomendasikan obat lain yang memiliki khasiat serupa namun tidak mengandung zat pemicu alergi Anda.
  • Sesuaikan Aturan Pakai
    Perhatikan dosis dan aturan pakai, lalu patuhi . Berapa kali obat tersebut dapat diminum dalam satu hari? Apakah obat tersebut dapat diminum sebelum makan atau harus setelah makan? Obat yang diminum sesuai aturan pakai akan bekerja lebih optimal dan minim efek samping
  • Perhatikan Reaksi Obat
    Jika Anda belum pernah mengonsumsi obat tersebut sebelumnya, perhatikan reaksi tubuh terhadap obat hingga beberapa waktu setelah meminumnya. Apakah jantung Anda berdebar setelah minum obat, merasa mual, atau muncul keluhan lain yang tidak biasa? Bisa jadi obat tersebut tidak cocok untuk Anda.
  • Sesuaikan dengan Kebutuhan
    Kembali lagi, kebutuhan setiap orang berbeda. Misalnya ada obat yang menyebabkan efek mengantuk ada pula yang tidak. Sementara kondisinya, Anda akan menghadapi rapat penting dalam 1 jam ke depan. Tentu mengonsumsi obat yang menimbulkan kantuk bukan pilihan tepat. Jadi kembali lagi pada kebutuhan Anda.
  • Kenali Jenis Sakit Kepala Anda
    Terakhir, namun yang tak kalah penting, perhatikan betul jenis sakit kepala agar Anda bisa memilih obat yang sesuai dengan keluhan Anda. Konsultasikan pada dokter agar Anda tidak salah minum obat, ya!