Bagaimana Flu Menular?

Bagaimana Flu Menular?

Flu menular dengan berbagai cara. Mulai melalui udara hingga lewat sarana yang tidak kita duga. Sebelum bisa mencegah flu, kenali dulu bagaimana flu bisa menular.

Flu dapat menular melalui droplets (cipratan air yang keluar dari mulut ketika seseorang batuk, bersin, atau bahkan tertawa dan berbicara). Cipratan air itu bisa saja tanpa sengaja terhirup seseorang yang dekat dengannya hingga ke dalam paru-paru. Seseorang dengan flu bisa menyebarkan penyakitnya tersebut dalam kisaran jarak 2 meter. Namun flu juga bisa menular melalui media yang tidak terduga.

Keyboard komputer, remote televisi, gagang telepon, hingga pegangan pintu adalah tempat favorit virus bersarang. Ketika droplets mendarat di tempat-tempat tersebut lalu seseorang menyentuhnya dan tanpa disadari ia memegang hidung atau mulutnya sebelum mencuci tangan, dengan mudah virus flu berpindah tangan. Beberapa virus dapat hidup lebih dari dua jam lho di tempat-tempat tersebut.

Meski penularan flu nampak mudah, mencegahnya juga sebenarnya tidak sulit. Cuci tangan secara periodik dengan air dan sabun. Jika tidak ada, gunakan hand sanitizer. Jangan lupa ketika keluar dari toilet umum hindari memegang gagang pintu dengan tangan telanjang, lapisi tisu. Hindari juga sering-sering menyentuh hidung dan mulut dengan tangan.

Foto: Shutterstock