Atlet Olimpiade yang Berjaya tanpa Kenal Usia

Atlet Olimpiade yang Berjaya tanpa Kenal Usia

Bicara tentang pertandingan olahraga, pasti yang terbayang di pikiran kita adalah para jagoan yang masih muda dan berpenampilan prima. Mereka yang sudah mulai keriput sering kita anggap tak mampu melakukan aktivitas fisik yang berat. Namun ternyata, stigma ini bisa dipatahkan oleh atlet-atlet yang masih menoreh sukses di usia yang sudah di atas 25 tahun  berikut ini :

Michael Phelps
Di usia 31 tahun, perenang Michael Phelps mengakhiri kariernya dengan gemilang : Ia memborong medali emas ke 20 dan ke 21 di kancah Olimpiade Rio Brazil tahun 2016 ini. Pelatihnya menyebut Phelps memiliki jangkauan panjang serta mampu menggerakkan semua sisi tubuhnya dengan kuat. Ini membuatnya sanggup menjangkau kayuhan yang lebih jauh. Dengan enam sampai delapan kali kayuh saja Phelps bisa menaklukkan jarak 22,5 meter di kolam renang. Jika Anda sedang berenang, cobalah ikuti contoh dari Michael Phelps agar melatih kayuhan Anda menjadi lebih jauh ke depan ya!

Usain Bolt
Jika bidang renang punya legenda Michael Phelps, di bidang lari ada Usain Bolt. Sang pelari asal Jamaika ini sudah berumur 30 tahun pada 21 Agustus 2016 lalu. Seperti halnya Phelps, Usain Bolt juga sudah memutuskan pensiun dari dunia Olimpiade setelah merebut emas terakhirnya di Olimpiade Rio. Sang manusia tercepat di dunia ini memiliki kecepatan 44.5 km per jam.

Serena Williams
Legenda lapangan tenis yang sudah berusia 35 tahun, Serena Williams, kembali merebut gelarnya yang ke-22 di ajang Grand Slam Juli 2016 lalu. Keberhasilan ini tercatat sebagai kemenangan besar Serena yang ke 308 kali sepanjang 11 tahun kariernya. Petenis Amerika Serikat ini menunjukkan performa yang bahkan membaik setelah melewati usia 30-an tahun. Hal ini sangat mencengangkan, karena kebanyakan petenis lainnya justru memeiliki performa yang menurun selepas usia 30 tahun. Modal Serena adalah kerja keras dan tekad pantang menyerah.

Oscar Swahn
Untuk Anda yang masih muda boleh mencontoh dari atlet tembak yang satu ini, nih. Oscar Swahn yang  membuktikan tak ada kata “terlalu tua” untuk berolahraga. Di usia 72 tahun, atlet asal Swedia ini tetap berkompetisi di Olimpiade Antwerp dalam cabang “Menembak Rusa Lari”, sebuah cabang berburu tradisional yang kini sudah tidak dipertandingkan lagi.

Sybil Fenton Newall
Seorang srikandi hebat asal Inggris berhasil meraih medali emas dalam Olimpiade cabang panahan. Ialah Sybil Newall, yang dikenal juga dengan nama Queenie Newall. Ia memenangi Olimpiade ini di usia ke-53, dan hingga sekarang ia tercatat dalam sejarah sebagai atlet wanita tertua yang meraih medali emas Olimpiade.