7 Alasan Sakit Kepala Sebelah Muncul Secara Mendadak

7 Alasan Sakit Kepala Sebelah Muncul Secara Mendadak

Pernah mengalami sakit kepala sebelah yang tiba-tiba datang? Tak hanya terasa sangat menyebalkan, momen seperti ini juga sukses mengganggu rutinitas harian Anda. Apalagi jika sedang dikejar deadline di tempat kerja. Lantas, apa yang sebenarnya menyebabkan kondisi ini bisa terjadi? Simak penjelasannya berikut ini.

1.    Ruangan yang terlalu berisik

Saat berada di tempat kerja, terkadang ada rekan yang senang menyetel musik atau berbicara dengan suara yang sangat keras. Pada kondisi biasanya di mana tubuh terasa segar dan fit, mungkin Anda bisa menghadapinya dengan baik. Lain ceritanya jika kondisi kesehatan sedang tidak prima dan banyak deadline menunggu, maka bisa memicu keluhan sakit kepala sebelah yang sangat mengganggu.

Seperti yang dilansir dari laman online Healthline.com, suara yang sangat keras dan berkepanjangan dapat memicu berbagai jenis sakit kepala, seperti migrain dan sakit kepala tegang. Untuk berjaga-jaga, sebaiknya gunakan headset atau pindah ruangan kerja sementara waktu untuk meminimalisir gangguan suara yang terlalu bising.

2.    Anemia atau kekurangan zat besi

Sering mengalami sakit kepala sebelah secara mendadak juga bisa menandakan bahwa seseorang mengidap anemia. Dilansir dari situs kesehatan Halodoc.com, jenis anemia yang diakibatkan karena kekurangan zat besi ini menyebabkan sel darah merah (hemoglobin) yang berperan dalam mengangkut oksigen ke seluruh tubuh mengalami penurunan. Hal inilah yang akhirnya membuat tubuh kekurangan oksigen, sehingga seseorang seringkali merasa pusing, lemas, bahkan hingga sesak napas.

3.    Masalah gigi berlubang

Adanya gigi berlubang juga bisa menjadi penyebab munculnya sakit kepala sebelah yang jarang sekali disadari oleh banyak orang. Dalam dunia medis, gigi berlubang merupakan kondisi di mana jaringan keras pada gigi mengalami kerusakan akibat bakteri. Biasanya gigi berlubang ini akan terasa sakit saat mengonsumsi makanan manis, panas, atau dingin dan tak jarang juga menyebabkan seseorang mengalami sakit kepala hebat.

Sakit kepala yang muncul akibat gigi berlubang ini biasanya karena adanya abses atau infeksi gigi,. Kondisi ini menunjukkan bahwa lubang pada gigi sudah terlalu dalam dan mengakibatkan peradangan pada gigi dan jaringan di sekitarnya meliputi saraf-saraf di bagian wajah yang akhirnya membuat seseorang mengalami sakit kepala. Keluhan ini biasanya akan berlangsung di sisi yang sama dengan letak gigi berlubang.

 

4.    Pencahayaan yang terlalu terang

Anda termasuk orang yang sensitif terhadap cahaya yang terlalu terang? Jika iya, kemungkinan Anda memiliki photophobia. Dilansir dari laman situs kesehatan Webmd.com, photophobia secara harfiah merupakan kondisi di mana seseorang memiliki “ketakutan terhadap cahaya”. Namun, pada dasarnya orang tersebut bukanlah takut cahaya, melainkan sangat sensitif terhadapnya.

Hal ini dapat menyebabkan rasa sakit setiap kali Anda berada di bawah sinar matahari yang cerah, cahaya dalam ruangan, maupun cahaya yang keluar dari laptop. Saat mengalaminya, beberapa orang mungkin merasa ingin berkedip atau menutup mata, namun ada juga orang mengalami sakit kepala sebelah.

5.    Stress berlebihan

Deadline pekerjaan, tuntutan untuk mencapai target, atau mempersiapkan presentasi, adalah kecemasan yang wajar dan sering terjadi. Namun bagi orang yang tidak bisa mengendalikan kecemasannya, maka bisa memengaruhi kondisi fisiknya juga. Migrain atau sakit kepala sebelah adalah salah satu penyakit yang bisa muncul karena stress. Hal ini akibat produksi hormone serotonin yang menurun di dalam tubuh. Dilansir dari Healthline.com, penurunan kadar serotonin dapat menyebabkan sakit kepala sebelah atau migrain melalui pelepasan neuropeptida atau penyempitan pembuluh darah.

6.    Saraf mata yang tegang

Terlalu lama menatap layar komputer bisa menyebabkan ketegangan saraf-saraf mata dan akhirnya memicu sakit kepala sebelah. Selain itu, mata yang kering juga bisa membutmu pusing. Dilansir dari Halodoc.com, mata kering menyebabkan sakit kepala sebelah (biasanya di bagian belakang mata) karena saat terjadi berkepanjangan, air mata akan terus keluar sebagai respon untuk melindungi diri dari pengeringan yang lebih lanjut. Jadi pastikan untuk berkedip setiap beberapa detik agar matamu tetap lembap dan berpalinglah dari layar komputer setiap 20 menit.

 

7.    Bau yang kuat

Entah itu bau asap rokok, parfume, ataupun cairan pembersih ruangan, jika bau tersebut terlalu kuat, maka bukan tidak mungkin akan menyebabkan sakit kepala sebelah yang cukup mengganggu.

Dari beberapa penyebab sakit kepala sebelah di atas, mana yang paling mungkin untuk Anda alami? Saat sakit kepala sebelah melanda, segera luangkan waktu untuk istirahat di ruangan dengan pencahayaan yang redup dan segera minum obat khusus migrain yang mengandung Paracetamol, Propyphenazone, dan juga Caffeine sesuai dengan dosis dan ketentuan yang berlaku.

bodrex sakit kepala tak tertahankan