Setiap pekerjaan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, namun ada beberapa profesi yang tingkat stresnya jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan profesi biasa. Berikut daftarnya menurut hasil survey dari Career Cast 2016 yang dilangsungkan di Amerika Serikat :

1. Tentara
Profesi di bidang militer memang menuntut kekuatan fisik yang tinggi. Selain harus siap menghadapi kondisi alam atau medan yang keras, secara psikologis para tentara juga harus siap menghadapi kondisi berbahaya saat mempertahankan keutuhan negara. Mereka harus rela bertaruh nyawa bahkan menjadi saksi berbagai peristiwa traumatis. Tiap beberapa waktu sekali, para tentara juga harus  siap membawa keluarganya berpindah tempat tinggal sesuai dengan daerah penugasannya. Inilah yang menyebabkan secara psikis seorang tentara bisa sangat stres. Untungnya negara berkomitmen memberikan upah dan biaya hidup tentara serta keluarganya.

2. Pemadam Kebakaran
Seorang pemadam kebakaran harus berani masuk ke dalam kobaran api yang seharusnya dihindari. Dalam kondisi genting ia bekerja berkejaran dengan waktu. Setiap detik dalam berada di tengah lokasi kebakaran sama dengan pertaruhan nyawa demi menyelamatkan para korban. Mereka sama sekali tak boleh lengah dan salah mengambil keputusan. Dengan risiko seperti ini, tak heran jika pemadam kebakaran menjadi profesi dengan tingkat stres kedua tertinggi. Apalagi jika ia gagal menyelamatkan korban dan harus menyaksikan kematian orang yang dilalap api.

3. Pilot
Profesi yang satu ini seringkali dianggap glamor di mata masyarakat. Namun ternyata dalam kesehariannya profesi pilot harus menghadapi keadaan yang penuh tekanan. Tak ayal, mereka harus jadi pemimpin penerbangan yang bertanggung jawab pada nyawa ratusan penumpangnya, serta tetap tunduk pada berbagai aturan protokol penerbangan. Mereka harus siap menghadapi gangguan cuaca, kendala pada mesin pesawat, serta peristiwa darurat lainnya. Selain itu secara berkala pilot pun wajib memperbarui sertifikat terbang mereka. Kondisi-kondisi seperti inilah yang menjadi sumber tekanan mental yang sangat tinggi.

4. Polisi
Polisi sebagai penegak hukum di masyarakat sangat erat kaitannya dengan situasi-situasi genting dan berbahaya. Selain itu mereka harus bekerja di bawah sorotan publik, terutama jika sedang mendalami suatu kasus yang melibatkan orang-orang terkenal. Setiap saat seorang polisi harus menguasai berbagai peraturan dan hukum. Bahkan setelah ia sedang bebas tugas sekalipun ia menyandang nama baik lembaga kepolisian sehingga gerak-geriknya sangat dibatasi dengan berbagai kode tata tertib yang dipelajari dari pelatihan yang sangat ketat.

5. Event Coordinator
Pekerjaan yang satu ini mungkin terlihat keren, tapi karena melibatkan banyak orang dalam waktu dan budget yang terbatas, seorang Event Coordinator amat rawan dilanda stres. Pasalnya bakal ada saja kendala-kendala menyangkut penyelenggaraan sebuah event, dan ia harus selalu siap memutar otak untuk mengatasinya. Salah-salah, nama baik perusahaan penyelenggara event yang ia usung bisa tercoreng akibat kritik pedas dari klien maupun para pengunjung acaranya.

Anda salah satu dari pelaku profesi rawan stres tersebut? Pastilah Anda seseorang yang bernyali ya. Semoga saat Anda bekerja hari ini segalanya lancar dan aman. Jika sakit kepala, migrain, atau terserang flu batuk, usir jauh-jauh segera dengan varian bodrex terkait, yang bisa diminum sebelum makan dan tak menyebabkan kantuk!

a. Untuk sakit kepala, kamu bisa pakai bodrex
b. Untuk sakit kepala mencengkeram di kepala bagian belakang, pakai bodrex Ekstra
c. Untuk sakit kepala sebelah / migrain, pakai bodrek Migra
d. Untuk gejala flu & batuk berdahak, pakai bodrex Flu & Batuk PE
e. Untuk gejala flu & batuk berdahak, pakai bodrex Flu & Batuk Berdahak PE

Dengan kandungan utama Paracetamol dalam dosis tepat, Anda bisa kembali bertugas dengan optimal.

ARTIKELTERKAIT

Hindari Sakit Kepala Belakang dgn 4 Tips Olahraga Ini
18-July-2019

Hindari Sakit Kepala Belakang dgn 4 Tips Olahraga Ini

Hindari Sakit Kepala Belakang dgn 4 Tips Olahraga Ini - Lakukan gerakan yang tepat untuk mengatasi dua masalah tersebut dengan .... read more
5 Hal yang Bisa Memperburuk Sakit Kepala Belakang
24-July-2019

5 Hal yang Bisa Memperburuk Sakit Kepala Belakang

Sebelum Anda melakukan langkah-langkah yang salah yang mengakibatkan sakit kepala mencengkeram tak tertahankan, ada baiknya untuk menghindari 5 hal berikut .... read more
Posisi Tidur yang Tepat untuk Penderita Sakit Kepala Belakang
12-July-2019

Posisi Tidur yang Tepat untuk Penderita Sakit Kepala Belakang

Sama seperti leher dan punggung,bahu juga bisa memberi dampak langsung terhadap munculnya sakit kepala bagian belakang. Oleh karena itu, cobalah .... read more