5 Kebiasaan Ini Bisa Menjadi Penyebab Sering Pusing Mendadak. Apa Saja, Ya?

5 Kebiasaan Ini Bisa Menjadi Penyebab Sering Pusing Mendadak. Apa Saja, Ya?

Sakit kepala atau pusing adalah salah satu keluhan yang paling banyak dialami oleh masyararakat. Biasanya ditandai dengan munculnya rasa sakit dan tak jarang juga membuat kepala mengalami sensasi berdenyut. Namun, tak hanya muncul sebagai gejala penyakit tertentu, rasa pusing di kepala juga bisa datang secara mendadak. Kira-kira apa saja penyebabnya, ya?

Bermain Gadget Sambil Tiduran di Dalam Ruangan Gelap

Bagi sebagian orang, bermain gadget dalam kondisi ruangan yang gelap sebelum tidur adalah cara yang paling ampuh untuk memicu kantuk di malam hari. Apalagi saat ini sudah banyak games dan film menarik yang bisa dinikmati. Jika sudah begini, alih-alih mengantuk yang ada justru kita melewatkan malam dengan begadang. Paparan sinar biru yang keluar dari gadget sangat memengaruhi produksi hormon melatonin dalam tubuh, yaitu hormon yang mengatur siklus tidur dan menurunkan suhu tubuh. Kebiasaan inilah yang tak hanya membuat mata menjadi stress tetapi juga membuat seseorang sering mengalami pusing secara mendadak.

Sering Melewatkan Waktu Makan

Kebiasaan penyebab sering pusing mendadak selanjutnya adalah karena melewatkan waktu makan. Biasanya hal ini terjadi karena padatnya aktivitas atau keinginan seseorang untuk melakukan diet. Beberapa keluhan yang akan dirasakan adalah timbulnya rasa kaku pada leher sampai pundak dan rasa sakit di kepala layaknya ada tali yang mengikat. Oleh karena itu, pastikan untuk menerapkan pola makan yang baik sehingga tubuh terutama otak ternutrisi dengan baik untuk mencegah terjadinya pusing mendadak.

Makan Makanan yang Terlalu Pedas

Banyak orang yang bilang bahwa makanan pedas bisa meningkatkan selera makan seseorang. Namun, siapa sangka bahwa terlalu sering makan makanan yang terlalu pedas juga bisa memicu timbulnya sakit kepala mendadak. Pasalnya, saat seseorang makan makanan yang pedas, mereka akan cenderung kurang mengambil napas. Hal inilah yang menyebabkan kurangnya pasokan oksigen ke otak dan memicu sakit kepala.

Aktivitas yang Padat dan Memendam Perasaan Hingga Memicu Stress

Penyebab sering pusing mendadak berikutnya adalah akibat stress atau tekanan yang biasanya disebabkan oleh banyaknya pekerjaan di kantor, urusan rumah tangga, hingga seringnya memandam perasaan atau permasalahan dalam hidup. Oleh karena itu, meluangkan waktu di sela pekerjaan sekitar 15-20 menit untuk melakukan peregangan atau menghirup udara luar juga perlu, lho. Jangan lupa juga untuk berbagi cerita pada orang  yang kamu percaya agar beban pikiran bisa sedikit berkurang untuk menghindari terjadinya stress.

Tak hanya stress, sakit kepala yang timbul secara mendadak juga bisa disebabkan oleh adanya gangguan penyakit seperti sinus. Dilansir dari laman online Liputan6.com, rongga yang berada di tulang tengkorak wajah (sinus) apabila mengalami inflamasi atau peradangan bisa memicu timbulnya rasa nyeri yang menjalar hingga kepala.

Kurang Minum Air Putih

Rasa pusing yang datang secara mendadak mengindikasikan bahwa seseorang kekurangan oksigen yang biasanya disebabkan oleh kurangnya cairan dalam tubuh. Namun, meski sudah banyak orang yang mengetahui manfaat air putih untuk kesehatan, hingga kini tak jarang yang masih malas untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh, yaitu delapan gelas bagi orang dewasa setiap harinya. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kadar oksigen dalam tubuh, terutama di bagian otak manusia sehingga bisa terhindar dari sakit kepala.

Selain dengan memenuhi kebutuhan air minum yang cukup setiap harinya, cara lain yang bisa dilakukan untuk mengobati pusing yang datang tiba-tiba adalah dengan beristirahat yang cukup dan minum obat seperti bodrex Original dengan kombinasi Paracetamol dan Caffeine yang terkandung di dalamnya merupakan Smart Formula untuk mengatasi sakit kepala secara cepat dan efektif.

Selain bodrex Original, tersedia pula varian lainnya, seperti bodrex Extra untuk mengatasi sakit kepala mencengkeram, bodrex Migra untuk mengatasi sakit kepala sebelah, dan juga bodrex Herbal Sakit Kepala sebagai solusi herbal terpercaya untuk atasi sakit kepala. Semuanya bisa diminum sebelum makan dan tidak menimbulkan kantuk, lho!

Source: Halodoc

Hit Enter to search or Esc to closeNav