Setiap orang memiliki respons berbeda-beda ketika stres mulai melanda. Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda berusaha untuk mengatasinya atau malah berusaha melupakan problem yang ada? Semoga apapun permasalahan Anda, bisa segera terselesaikan tanpa jadi berlarut-larut ya. Agar pikiran tetap jernih dan jalan keluar cepat didapat, mungkin 5 terapi anti stres berikut ini bisa membantu Anda :

Liburan ke Alam Bebas
Alam bebas memang jadi favorit untuk jadi tempat menghilangkan stres para pekerja perkotaan. Pasalnya, udara segar dan suasana yang rindang khas pedesaan bisa jadi kesempatan untuk melupakan penatnya hidup di kota besar. Mumpung sedang rehat ke tengah alam, jangan habiskan waktu hanya leha-leha saja. Coba maksimalkan dengan berolahraga, berkarya (seperti melukis atau menulis), berkebun, mencoba yoga, hiking, atau melakukan aktivitas yang berhubungan dengan air seperti berenang karena suara gemericik air bisa memberi efek menenangkan.

Perawatan Tubuh
Kala rasa penat sudah sampai ke ubun-ubun, relaksasi tubuh penting Anda lakukan. Jadwalkan untuk pergi ke tempat pijat refleksi agar pegal-pegal hilang dan peredaran darah Anda lancar kembali. Anda sudah butuh potong rambut bulan ini? Untuk para wanita, kunjungi saja salon dan manjakan diri dengan body spa dan creambath. Untuk para pria, cobalah ke barbershop yang tergolong premium agar Anda bisa menikmati servis yang lengkap seperti back massage dan grooming yang bisa menambah rasa percaya diri. Jika pusing atau sakit kepala, jangan dibiarkan, rawat dirimu dengan minum bodrex!

Pet Therapy
Memiliki hewan peliharaan seperti kucing dan anjing ampuh lho menghibur hati kita di hari yang buruk. Melihat tingkah mereka yang lucu dan menggemaskan bisa bikin Anda tertawa. Sekali tertawa saja sudah cukup untuk memicu endorfin dan menurunkan hormon stres yang disebut kortisol. Rasa stres pun hilang dan terganti rasa senang. Menurut berbagai penelitian, orang-orang yang memelihara hewan memang memiliki tingkat stres yang jauh lebih rendah dibanding orang biasa. Anda tertarik?

Window Shopping
Menurut laman PsychologyToday.com, berbelanja dan jalan-jalan ke mall bisa memberi kita banyak manfaat untuk mengusir stres. Ketika sedang mengalami masa transisi dalam hidup, misalnya saat berubah haluan karier atau memiliki anak, belanja bisa jadi momen me-time yang menyenangkan. Bahkan dengan melihat-lihat barang yang dijual saja efeknya serupa liburan-mini. Problematika hidup bisa dipinggirkan sejenak dan pikiran jadi tenang hanya dengan jalan-jalan menikmati suasana mall dan menggali inspirasi dari tren di sekitar kita. Selama kita tidak kalap dalam belanja, sebetulnya kegiatan ini bisa menjadi terapi yang efektif lho.

Nonton Film yang Menghibur
Dengan nonton film Anda bisa seolah masuk ke kehidupan orang lain dan menikmati jalan ceritanya. Genre apapun film yang Anda tonton, Anda bakal jadi lebih open minded. Karena sejatinya film mengajarkan kita bahwa ada banyak orang lain di luar sana sedang menjalani hidup dengan perspektif yang jauh berbeda dengan kita. Tanpa Anda sadari, perasaan stres dan galau bisa teralihkan. Ada banyak juga inspirasi yang bisa muncul. Bahkan bisa jadi kamu mendapat ide positif untuk menyelesaikan permasalahanmu!

ARTIKELTERKAIT

Tips Mengatasi Sakit Kepala Tegang Mencengkeram Agar Aktivitas Menjadi Kembali Nyaman
25-June-2020

Tips Mengatasi Sakit Kepala Tegang Mencengkeram Agar Aktivitas Menjadi Kembali Nyaman

Mengatasi sakit kepala tegang mencengkeram adalah hal penting yang harus diketahui oleh semua orang, terutama bagi mereka yang memiliki aktivitas .... read more
Sakit Kepala Sebelah Kiri Saat Bangun Tidur, Apa Penyebabnya?
18-June-2020

Sakit Kepala Sebelah Kiri Saat Bangun Tidur, Apa Penyebabnya?

Penyebabnya pun bisa berasal dari beberapa faktor, mulai dari kebiasaan sehari-hari hingga kondisi medis yang lebih serius. Kira-kira apa saja, .... read more
Penyebab Migrain Berkepanjangan, Berbahayakah?
30-June-2020

Penyebab Migrain Berkepanjangan, Berbahayakah?

Untuk keluhan migrain yang sudah parah biasanya juga disertai gejala lain, seperti mual, muntah, sensitif terhadap cahaya serta dan suara, .... read more