5 Alasan Orang Memilih Obat Herbal

5 Alasan Orang Memilih Obat Herbal

Sejak dulu, obat tradisional atau disebut juga dengan obat herbal, telah dipercaya untuk mengobati berbagai penyakit. Beberapa waktu belakangan, banyak orang kembali memilih obat-obatan herbal untuk mengatasi masalah kesehatan mereka. Bukan tanpa sebab, berikut ini adalah beberapa alasan mengapa popularitas obat herbal berhasil menembus zaman dan masih mejadi pilihan hingga sekarang.

Rekomendasi Orang Tua

Banyak generasi muda tertarik untuk mencoba obat herbal karena ada rekomendasi dari generasi sebelumnya, misalnya orang tua atau keluarga lainnya yang lebih tua. Pengalaman mereka menjadi sebuah referensi yang cukup dipercaya sehingga ada kecenderungan ingin mencoba dan membuktikan sendiri.

Khasiat Teruji

Khasiat obat herbal juga sudah dibuktikan. Masing-masing bahannya memiliki manfaat kesehatan, baik saat dikonsumsi secara terpisah maupun digabungkan. Misalnya saja jeruk nipis yang berkhasiat meredakan radang, madu untuk menekan batuk yang biasa kambuh pada suhu dingin , thymi yang dapat membantu mengeluarkan dahak, serta jahe yang bisa menghangatkan serta melegakan pada tenggorokan.

Minim Efek Samping

Obat herbal dibuat dari bahan-bahan rempah alami. Hal ini berbeda dengan obat non-herbal yang komposisinya mengandung zat kimia. Meskipun keduanya sama-sama dapat mengobati penyakit dan sudah teruji aman untuk dikonsumsi, namun bagi sebagian orang, obat herbal dianggap minim efek samping  sehingga pengguna merasa lebih aman dan nyaman.

Harga Terjangkau

Secara umum, obat-obatan herbal memiliki harga yang lebih terjangkau. Hal ini dikarenakan bahan-bahannya berasal dari tanaman-tanaman yang mudah didapatkan di sekitar kita. Kemudahan mendapatkan bahan baku dan pengolahannya yang relatif lebih sederhana membuat harga obat herbal relatif terjangkau.

Praktis Dikonsumsi

Kesan yang menunjukkan bahwa mengonsumsi obat herbal tidak praktis, rasanya sudah tak berlaku lagi. Saat ini obat-obatan herbal telah banyak diproses secara modern sehingga mendapatkan ekstrak dari bahan-bahan alami tersebut. Untuk mengobati batuk misalnya, Anda bisa mencoba obat yang mengandung kombinasi dari Madu, Thymi, Jahe, Akar kayu manis, Cabe Jawa, Kencur, Daun Sirih, Daun Sembung, Jeruk Nipis, Biji Pala, dan Peppermint oil. Kombinasi ini baik untuk meredakan batuk, melegakan tenggorokan dan bekerja tanpa ngantuk.