5 Alasan Mulai Menanam Tanaman Herbal di Rumah

5 Alasan Mulai Menanam Tanaman Herbal di Rumah

Bercocok tanam adalah kegiatan yang positif dan menyenangkan. Bahkan di masa pandemi ini banyak orang yang mulai menekuni hobi bercocok tanam. Apakah Anda salah satu yang tertarik dengan kegiatan ini? Jika Anda baru berniat memulai kegiatan satu ini, tidak ada salahnya dengan mulai menanam tanaman herbal. Inilah 5 alasan mulai menanam tanaman herbal di rumah!

  • Mudah ditanam

Ternyata dibandingkan dengan sayur, buah dan tanaman bunga, tanamal herbal lebih mudah tumbuh. Anda bisa menanamnya di dalam ruangan dengan pot ataupun langsung di tanah yang subur. Selain di media tanah, kamu juga bisa menanam tanaman herbal dengan cara hidroponik yakni dengan media air. Penanamannya bisa menggunakan bibit dari biji ataupun dengan stek. Pastikan tanaman herbal yang kamu tanam mendapat cukup air dan sinar matahari.

  • Sebagai bumbu masak

Tanaman herbal yang segar tentunya masih memiliki nutrisi yang cukup dan rasa yang kuat. Jika digunakan sebagai bumbu masakan, maka hidangan akan terasa lebih enak dengan rasa bumbu yang kuat. 

  • Lebih hemat

Salah satu manfaat menanam tanaman herbal di rumah adalah kamu dapat menghemat pengeluaran untuk membeli herbal seperti daun serai, daun kemangi atau basil dan mint. Apalagi hasil panen dari kebun mu adalah organic pasti lebih mahal jika kamu harus membelinya di supermarket.

  • Kegiatan yang menyenangkan

Kegiatan bercocok tanam sangat menyenangkan untuk dilakukan termasuk dilakukan bersama dengan anggota keluarga lainnya seperti anak-anak. Anggota keluarga yang terlibat akan menjadi lebih sadar lingkungan, menciptakan kebiasaan makan yang sehat, dan tidak membuang-buang makanan. 

  • Bermanfaat untuk Kesehatan

Tanaman herbal seperti diketahui memiliki banyak manfaat kesehatan. Jika Anda memilikinya sendiri, Anda bisa menfaatkannya untuk dikonsumsi sehari-hari. Misalnya saja peppermint yang bisa diseduh dengan teh akan membuat tubuh rileks, ketumbar yang bagus untuk detoksifikasi, atau eucalyptus yang bisa mencegah gigitan nyamuk. 

Sebenarnya ada pula tanaman-tanaman herbal yang bisa mengobati sakit kepala. Namun untuk meraciknya sebagai obat yang aman dan efektif, tentu tidak mudah. Untungnya Anda tidak perlu repot untuk masalah yang satu ini karena kini telah hadir bodrex Herbal Sakit Kepala. Dengan komposisi utama Ferfew, Willow Bark, dan Guarana, bodrex Herbal Sakit Kepala mampu meredakan sakit kepala yang muncul kapan saja. bodrex Herbal formula herbal pilihanku!

Sumber: kompas.com