Metode pengobatan akupuntur telah dipercaya sejak lama dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit dan keluhan kesehatan lainnya. Meskipun demikian, sebagaian orang masih ragu mencobanya dengan alasan takut tubuhnya ditusuk dengan jarum. Ya, akupuntur memang dikenal dengan metodenya yang menggunakan jarum untuk ditusukkan ke titik-titik saraf. Sedikit seram saat dibayangkan oleh mereka yang belum pernah mencobanya. Jika Anda termasuk salah satunya, maka inilah 5 alasan yang membuat Anda perlu mempertimbangkan untuk mencoba sendiri akupuntur.

Perawatan personal
Tidak ada dua pasien akupuntur yang akan mendapatkan treatment yang sama persis, meskipun mereka memiliki penyakit atau keluhan yang sama. Terapis akupuntur mengobati pasien mereka, bukan sekedar penyakitnya. Mereka biasanya sangat detail dalam memerhatikan bagaimana suara Anda terdengar, kualitas kulit Anda, hingga binar di mata Anda. Mereka akan mendengarkan seluruh keluhan kesehatan Anda. Mereka melihat tubuh sebagai ‘semesta’ dimana seluruh bagian tubuh saling terhubung—otot, tulang, pembuluh darah, organ-organ penting, darah, dan cairan tubuh lainnya. Mereka melihat kekurangan ataupun yang terhambat dari tubuh Anda secara mental maupun fisik. Akupuntur berperan sebagai fasilitator agar tubuh Anda dapat menemukan kemampunya menyembuhkannya sendiri.

Tidak menyeramkan
Memang, membayangkan tubuh Anda dipenuhi tusukan jarum cukup mengerikan, Namun sebenarnya tidak ada yang perlu Anda khawatirkan. Dibandingkan rasa sakit dan nyeri yang setiap hari Anda rasakan, sedikit saja tusukan jarum halus dan steril akan terasa bukan apa-apa.

'Efek samping' positif
Anda bisa saja mendatangi terapis untuk mengobati satu masalah, seperti nyeri leher ataupun bahu. Setelah beberapa kali melakukan akupuntur, Anda justru mendapatkan berbagai ‘efek samping lainnya. Mulai dari ketegangan yang berkurang, kualitas tidur lebih baik, pencernaan lebih sehat, dan mood lebih positif.

Mengobati hingga akar
Pengobatan akupuntur dapat menyembuhkan secara holistik karena bukan hanya berfokus pada penyakit yang diderita pasien saat ini. Terapis akan menyelidiki mengapa pasien mengalami keluhan tersebut dan berupaya menobati akar permasalahannya.

Khasiat nyata
Akupuntur sudah dikenal sejak zaman dulu, jika tidak efektif, tidak mungkin pengobatan ini masih dilakukan hingga sekarang. Para ilmuwan modern juga berusaha meneliti mengapa akupuntur bisa memengaruhi kondisi tubuh. Sebagian berpendapat bahwa akupuntur berpengaruh pada pembuludarah, otot, dan organ tubuh secara keseluruhan. Sementara sebagian yang lain berpendapat titik akupuntur dapat merangsang sistem limbik dan sistem saraf otonom.

ARTIKELTERKAIT

3 Profesi yang Paling Sering Alami Sakit Kepala Mencengkram
30-March-2019

3 Profesi yang Paling Sering Alami Sakit Kepala Mencengkram

3 Profesi yang Paling Sering Alami Sakit Kepala Mencengkram - Mengapa demikian? Sebab, bisa saja perilaku dan kegiatan sehari-hari adalah .... read more
Hati-hati, 4 Momen Penting Ini Bisa Kacau Akibat Sakit Kepala Sebelah
24-March-2019

Hati-hati, 4 Momen Penting Ini Bisa Kacau Akibat Sakit Kepala Sebelah

Hati-hati, 4 Momen Penting Ini Bisa Kacau Akibat Sakit Kepala Sebelah - Beberapa tips ini mungkin bisa Anda coba pada .... read more
Kapan Sakit Kepala dan Pusing Perlu Dikhawatirkan?
15-March-2019

Kapan Sakit Kepala dan Pusing Perlu Dikhawatirkan?

Kapan Sakit Kepala dan Pusing Perlu Dikhawatirkan? Sebagian sakit kepala mungsin saja memang hanya gangguan kesehatan ringan atau kelelahan yang .... read more