Batuk memang cukup sering dialami siapa saja. Batuk bisa terjadi bersamaan dengan keluhan penyakit lain (misalnya flu) atau terjadi begitu saja tanpa diiringi keluhan lainnya. Namun satu hal yang pasti, batuk bisa sangat mengganggu keseharian Anda. Batuk sebenarnya adalah respons tubuh terhadap gangguan pada saluran napas. Respons ini berfungsi membersihkan lendir, faktor penyebab iritasi, serta bahan iritan (debu atau asap) dari paru-paru dan saluran pernapasan bagian atas. Namun jika Anda mengalami 5 ciri batuk berikut ini, maka mungkin sudah saatnya batuk tersebut diperiksakan ke dokter.

  1. Anda menderita batuk dalam dengan banyak lendir dan berdarah. Batuk dengan lendir aau dahak adalah hal yang wajar. Namun jika Anda merasa lendirnya terlalu banyak apalagi hingga bercampur dengan darah, maka hati-hati, bisa jadi Anda memiliki gangguan kesehatan yang lebih serius. Sebab, batuk berdahak biasa umumnya tidak sampai memiliki lendir yang tercampur dengan darah.

 

  1. Anda kehabisan napas, atau merasa dada sesak. Jika saat batu nafas Anda menjadi pendek-pendek hingga kesulitan bernapas dengan normal serta merasa sesak, Anda perlu juga memeriksakannya ke dokter. Kesulitan bernapas saat batuk menandakan Anda mungkin mengalami komplikasi dan situasi khusus, misalnya Anda adalah seorang penderita asma sehingga dampak batuk yang Anda rasakan jauh lebih berat dan parah dibandingkan mereka yang tidak mengidap asma. Untuk memastikannya, Anda perlu memeriksakan diri ke dokter.

 

  1. Anda mengalami demam yang tidak hilang setelah 3 hari. Batuk disertai demam, mungkin saja terjadi. Biasanya hal ini terjadi karena Anda juga mengalami radang tenggorokan. Namun biasanya demam tersebut bersifat ringan dan lekas hilang. Nah, jika Anda mengalami batuk disertai demam yang tak kunjung hilang setelah lebih dari 3 hari, maka sudah saatnya Anda menemui dokter.

 

  1. Anda masih batuk setelah 7 hari tanpa menjadi lebih baik. Setelah beberapa waktu—apalagi jika Anda sudah mengonsumsi obat batuk—sewajarnya, batuk akan berangsur membaik. Misalnya dahak terasa lebih sedikit dan encer, rasa menggelitik di tengorokan berkurang, begitu pula dengan frekuensi batuknya. Namun jika Anda belum merasakan tanda-tanda batuk yang membaik setelah 7 hari, artinya Anda perlu berkonsultasi dengan dokter.

Namun, jangan langsung panik. Seperti disebutkan sebelumnya, batuk adalah hal cukup lazim dan biasanya bisa ditangani sendiri. Lakukan observasi dulu selama beberapa waktu untuk melihat apakah Anda mengalami 4 ciri di atas. Sementara itu, Anda bisa mengonsumsi bodrex Herbal Batuk yang diformulasikan dari 100% bahan herbal alami, salah satu kandungannya adalah thyme dan madu. Tidak hanya dapat meredakan batuk tetapi juga melegakan tenggorokan.

Untuk Anda yang memilih mengobati batuk dengan cara yang alami,  obati batuk dengan mengonsumsi bodrex Herbal Batuk. Diformulasikan 100% dari bahan herbal alami. bodrex Herbal Batuk yang mengandung kombinasi dari Thymi dan Madu, dan bahan herbal lain yang baik untuk meredakan batuk, melegakan tenggorokan, membantu mengeluarkan dahak dan bekerja tanpa menyebabkan kantuk. Selain alami, bodrex Herbal batuk juga sudah dibuktikan khasiatnya secara ilmiah melalui uji pre-klinik, bahan bakunya telah distandardisasi, dan produksinya sudah memenuhi persyaratan Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik (CPOTB). Dikemas dalam sachet sehingga praktis dikonsumsi kapan dan dimana saja. bodrex Herbal Batuk, Pilihanku!

ARTIKELTERKAIT

Tempo Scan Home Delivery, Penuhi Kebutuhan Belanja Produk Tempo Scan Group #diRumahAja
20-May-2020

Tempo Scan Home Delivery, Penuhi Kebutuhan Belanja Produk Tempo Scan Group #diRumahAja

Pandemi COVID-19 telah memaksa kita semua untuk menjaga jarak dan melakukan berbagai aktivitas #dirumahaja. Namun,hal ini tidak berarti membuat Anda .... read more
Praktis, Ini Obat Pereda Sakit Kepala dan Demam Tinggi Saat #dirumahaja
13-May-2020

Praktis, Ini Obat Pereda Sakit Kepala dan Demam Tinggi Saat #dirumahaja

Oleh karena itu, jika sakit kepala mulai melanda akibat stress saat berada di rumah, ini dia solusi untuk meringankan rasa .... read more
Cara Seru Mencegah Penularan Covid-19 dan Mengurangi Rasa Panik saat Pandemi
09-May-2020

Cara Seru Mencegah Penularan Covid-19 dan Mengurangi Rasa Panik saat Pandemi

Namun, ternyata masih ada cara seru mencegah penularan covid-19 dan mengurangi rasa panik yang bisa Anda lakukan meski #dirumahaja, lho. .... read more