3 Kesalahan yang Sering Dilakukan Sehingga Batuk Pasca Flu Lama Sembuh

3 Kesalahan yang Sering Dilakukan Sehingga Batuk Pasca Flu Lama Sembuh

Flu seringkali diikut dengan gejala penyerta, salah satunya adalah batuk. Namun terkadang, batuk tersebut bertahan lebih lama dibandingkan flu sendiri. Sebenarnya mengapa bisa demikian? Inilah 3 kesalahan yang sering dilakukan sehingga batuk pasca flu lama sembuh!

Dilansir dari klik dokter, batuk yang masih tersisa pasca flu ternyata disebabkan oleh kondisi tubuh yang masih memiliki respons peradangan terhadap infeksi. Tersisanya batuk juga menandakan adanya kerusakan di jalur pernapasan yang masih membutuhkan waktu ekstra untuk pulih. Artinya, tubuh pasca sakit masih perlu diistirahatkan dan perlu asupan nutrisi yang cukup agar benar-benar pulih.

Orang yang baru sembuh dari flu biasanya cenderung punya refleks batuk yang lebih kuat dibandingkan  orang yang sedari awal sehat. Itu merupakan respons tubuh untuk menolak virus yang sama dalam rentang waktu yang terbilang dekat.

Meskipun wajar, jika berlangsung dalam jangka waktu lama, tentu akan tetap mengganggu. Agar tidak bertambah buruk, coba perhatikan 5 kesalahan yang sering dilakukan sehingga batuk pasca flu lama sembuh.

1. Menyepelekan kondisi imun

Setelah Anda merasa membaik, Anda cenderung terburu-buru ingin kembali melakukan berbagai kebiasaan saat sedang sehat. Sebaiknya, perhatikan dulu kondisi imun Anda, pastikan Anda beristirahat secara optimal, perbanyak makan sayur, buah, protein dan mengonsumsi suplemen bila perlu.

2. Mengabaikan pantangan makanan

Demi mempercepat proses penyembuhan, hindari makanan yang berminyak ataupun minuman dingin. Meski penyebab batuk adalah virus, namun saat Anda sedang mengalaminya, konsumsi jenis makanan dan minuman tertentu memang dapat meningkatkan produksi lendir dan memperberat keluhan batuk.

3. Terlalu cepat menghentikan konsumsi obat batuk

Ketika batuk, Anda mungkin mengonsumsi obat batuk tertentu. Namun begitu batuk berkurang atau terasa membaik, Anda terburu-buru merasa ‘sembuh’ dan menghentikan konsumsi obat. Padahal obat batuk perlu diminum dalam dosis yang sesuai (misalnya 3x1 hari) agar hasilnya optimal. Dosis dan aturan minum obat biasanya tertera pada kemasan obat atau sesuai dengan anjuran dokter.Sebaiknya konsultasikan dengan dokter seberapa lama Anda perlu mengonsumsi obat batuk

Mulai sekarang, hindari mengabaikan kondisi kesehatan Anda dan jangan mengulangi kebiasaan yang membuat batuk pasca flu lama sembuh. Ingat untuk tetap menggunakan masker untuk menghindari paparan virus penyakit lainnya atau sebaliknya, jangan sampai Anda yang membawa dan menularkan virus kepada lingkungan Anda.