Dalam kondisi sehat, rongga hidung kita sebenarnya memproduksi lendir secara alami. Lendir pada hidung ini berfungsi sebagai bagian pertahanan tubuh untuk menyaring udara yang masuk. Namun di saat kita terserang flu, tubuh akan bereaksi dengan memproduksi lendir ini secara berlebihan. Keadaan ini tentunya akan sangat mengganggu aktivitas Anda. Karenanya ikuti beberapa tips berikut, yang dapat membantu mengencerkan lendir dan dahak saat flu :

Tips #1: Kompres Hangat Wajah Anda

Kompres hangat dapat meredakan nyeri akibat tekanan pada rongga sinus, serta membantu mengencerkan lendir dan membuatnya mengalir keluar dari dalam rongga sinus Anda. Caranya cukup basahi handuk atau kain kecil dengan air panas. Letakkan handuk di bagian wajah yang paling terasa tertekan. Kompres bagian mata, alis, hidung, dan pipi tepat di bawah mata Anda. Lakukan berulang hingga hidung Anda terasa lega.

Tips #2: Cari udara bersih dan alami

Udara kering dapat mengiritasi dan menyebabkan masalah pada rongga sinus yang meliputi pilek dan hidung tersumbat. Saat mengalami batuk dan pilek, saluran udara pada pernapasan akan menyempit. Dengan berada di tempat dengan udara bersih dengan tingkat kelembaban tinggi, misalnya di pantai atau gunung, dapat membantu melancarkan pernapasan dengan cara melembabkan rongga sinus yang kering. Anda pun dapat bernapas lebih baik.

Tips #3: Minum teh panas dicampur lemon dan madu

Seduhlah teh kesukaan Anda, kemudian tambahkan perasan sari buah lemon segar dan madu secukupnya. Bukti ilmiah menunjukkan bahwa minuman yang dicampur lemon dan madu dapat bermanfaat mengatasi sumbatan hidung, timbunan lendir, tekanan pada rongga sinus, sakit tenggorokan, dan gejala flu lainnya.

Tips #4: Hirup uap air hangat

Uap air dapat membantu mengatasi kering pada rongga hidung, mengencerkan lendir di dada, hidung, dan dahak pada tenggorokan, sehingga dapat Anda keluarkan dengan lebih mudah. Caranya didihkan sepanci air, tuangkan ke mangkok berdiameter sekitar 20cm, dan biarkan uap yang berasal dari didihan air tersebut mengepul ke arah wajah Anda. Tutup celah antara kepala Anda dan mangkok dengan handuk agar paparan uap terpusat ke wajah Anda. Kemudian dengan wajah diatas mangkok, hiruplah uap ini selama beberapa menit. Selain cara ini, Anda juga bisa mandi dengan air hangat untuk membantu mengencerkan lendir.

Tips #5: Minum Obat Pereda Flu

Selain tips-tips di atas ada baiknya untuk Anda segera mengkonsumsi obat yang dapat meredakan gejala flu yang dialami. Jika gejala flu dan batuk berdahak mulai terasa, segeralah minum bodrex Flu & Batuk Berdahak PE. Formulanya yang tepat, efektif mengencerkan dahak dan mengatasi rasa gatal di tenggorokan. bodrex Flu & Batuk Berdahak PE, tersedia dalam kemasan kaplet yang praktis dan sirup yang memberikan sensasi melegakan di tenggorokan.

Beda gejala flu dan tipe batuk yang Anda rasakan, berbeda pula cara mengatasinya. Tapi dengan mengikuti tip-tips di atas dapat membantu Anda menanggulangi flu dan batuk berdahak yang sedang Anda alami. Jangan lupa untuk menggunakan masker penutup hidung dan mulut saat berpergian, serta rajinlah mencuci tangan Anda dengan sabun, guna menghindari penularan flu dan batuk, terutama di musim pancaroba. 

ARTIKELTERKAIT

Fakta atau Mitos Konsumsi Menu Dingin Bisa Memperparah Flu dan Batuk
22-February-2018

Fakta atau Mitos Konsumsi Menu Dingin Bisa Memperparah Flu dan Batuk

Fakta atau Mitos Konsumsi Menu Dingin Bisa Memperparah Flu dan Batuk - Yuk kupas tuntas seputar mitos atau fakta, konsumsi .... read more
Apakah Sakit Kepala Belakang Termasuk Tanda Darah Tinggi
15-February-2018

Apakah Sakit Kepala Belakang Termasuk Tanda Darah Tinggi

Apakah Sakit Kepala Belakang Termasuk Tanda Darah Tinggi - gejala yang membedakan antara sakit kepala belakang (normal) dan darah tinggi. .... read more
4 Cara Ini Bisa Bantu Redakan Sakit Kepala! Cara Terakhir Paling Praktis lho
10-February-2018

4 Cara Ini Bisa Bantu Redakan Sakit Kepala! Cara Terakhir Paling Praktis lho

4 Cara Ini Bisa Bantu Redakan Sakit Kepala! Cara Terakhir Paling Praktis lho - untuk meredakan sakit kepala, tapi tentunya .... read more