WHO (World Health Organization) memperkirakan setidaknya  47% orang dewasa mengalami sakit kepala sekali dalam setahun.  Penyebabnya bisa bermacam-macam, beberapa di antaranya mungkin tidak Anda duga. Berikut penyebab sakit kepala yang harus Anda waspadai.

1.    Menjepit telepon
Menjepit telepon di antara telinga dan bahu Anda selama beberapa menit dapat membuat leher Anda tegang. Dan ini memicu terjadinya tension headache. Gunakan hands-free atau aktifkan speaker jika tangan Anda sibuk melakukan pekerjaan lain.

2.    Menatap monitor terlalu lama
Jarang berkedip saat bekerja di depan layar komputer dapat membuat mata tegang. Ini dapat memicu sakit kepala. Gunakan screen protector dan alihkan pandanganmu setiap beberapa menit ke objek kurang lebih 6 meter jauhnya.

3.    Barang bawaan
Coba timbang tas Anda. Jika beratnya 4-5 kg bisa jadi itu sumber sakit kepala Anda. Beban yang berat di bahu Anda bisa menyebabkan leher tegang. Itu adalah sumber sakit kepala Anda.

4.    Bau yang menyengat
Dari pembersih ruangan, pewangi udara, sampai parfum mengandung zat kimia yang dapat memicu sakit kepala. Terlebih jika Anda termasuk orang yang peka terhadap bebauan.

5.    Kekurangan pelukan
Sentuhan fisik seperti pelukan dapat memberi oxytocin yang dapat meredakan sakit kepala. Pelukan dapat merelaksasi sehingga ketegangan penyebab sakit kepala dapat dihindari.

6.    Cahaya yang menyilaukan
Cahaya yang sangat terang apalagi jika berkerlip dapat memicu sakit kepala sebelah karena mengaktifkan sejumlah zat kimia dalam otak yang memicu pusat migrain.

7.    Emosi
Ketika Anda marah, otot di belakang leher dan kulit kepala menegang sehingga menyebabkan kepala bagai diikat kencang-kencang. Ini juga dapat menyebabkan tension headache.

Foto: Shutterstock

ARTIKELTERKAIT

Jangan Sampai Tertukar, Ini Penyebab Migrain yang Beda dari Sakit Kepala Biasa
19-April-2018

Jangan Sampai Tertukar, Ini Penyebab Migrain yang Beda dari Sakit Kepala Biasa

Di samping itu jika Anda merupakan pelanggan setia sakit kepala mencengkram alias yang termasuk tipe tension headache, selalu sediakan bodrex .... read more
Jangan Remehkan Migrain! Jika Dibiarkan, Gejalanya Bisa Jadi Parah
16-April-2018

Jangan Remehkan Migrain! Jika Dibiarkan, Gejalanya Bisa Jadi Parah

Jika migrain menyerang, langsung saja minum bodrex Migra. Kondisi seperti apa sajakah yang bisa disebabkan oleh migrain akut? Simak penjelasannya .... read more
Mengenal Penyakit Migrain dengan Aura
28-March-2018

Mengenal Penyakit Migrain dengan Aura

Migrain tanpa aura dapat didiagnosis setelah pasien diketahui memiliki riwayat serangan migrain sebanyak lima kali. serta mengkonsumsi obat pereda sakit .... read more